Minggu, 02 Oktober 2011

Cara membuat lukisan pasir

Cara membuat lukisan pasir

 
 
Cara membuat lukisan dari pasir

Material yang dibutuhkan :
-. PASIR dengan bermacam warna. Meskipun pasir dapat diwarnai dengan berbagai macam warna tapi kami mengkhususkan diri hanya dengan warna alami tanpa pewarnaan, karena tiap jenis pasir dari lokasi  yang berbeda  mempunyai warna warna yang berbeda pula. Dan hasilnya gambar akan tampil lebih natural.
-. LEM KAYU, Triplek (bisa juga kertas tebal, kanvas atau media lainnya), sedikit air, dll.
Alat - alat yang diperlukan:
-. Bermacam ukuran kuas, saringan, tulis, pisau palet, dll.
Cara membuat:
-. Keringkan pasir  benar - benar kering supaya tidak menggumpal pada waktu ditaburkan
-. Saring pasir yang sudah kering supaya butirannya seragam. Saringan yang digunakan bisa bermacam - macam ukuran bila butiran yang dikehendaki bervariasi.
-. Bikin pola yang dikehendaki di atas media yang akan digunakan. Alat tulis yang digunakan harus waterprof, untuk memcegah pola hilang pada waktu dilapisi lem.
-. Olesi pola dengan lem sesuai dengan warna yang direncanakan.
-.Taburi pasir sesuai warna yang diinginkan.
-.Pisahkan pasir yang sudah ditabur dengan cara media dimiringkan atau dipukul perlahan, maka pasir yang tertinggal hanya pasir yang menempel di lem.
-Ulangi sampai pola tertutup seluruhnya.
Pelapisan pasir dilakukan setahap demi setahap sesuai dengan warna pasir. Selesaikan dulu satu warna semuanya sebelum pindah warna, supaya warna tidak bercampur. Bila diperlukan pelapisan dilakukan berulang ulang sampai ketebalan yang dikehendaki, minimal 2 kali untuk menutup permukaan. Pengulangan lapisan diulangi bila lapisan sebelumnya sudah kering. Pada proses ini untuk mendapat hasil yang bagus diperlukan kesabaran yang lebih, sehingga mungkin untuk membikin gambar seperti contoh diatas (ukuran 50x50cm) bisa memakan watu 4 hari.
-. Bila dianggap sudah beres keringkan sampai benar - benar kering dan lem mengering dengan sempurna.
-. Selesai....

4 komentar: