Minggu, 09 Oktober 2011

alat-alat musik modern


     
Alat Musik Moderen Hermanto Aulia
Page 1
Gitar
Gitar adalah alat musik petik yang terbuat dari kayu dengan beberapa bagian dari logam / Metal dan terdapat 6 tali / senar untuk dimainkan. Bagian atas dan bawah dari badan gitar berbentuk angka 8. 6 senar terikat pada Pegs atau pemutar senar yang ditarik sepanjang badan gitar. Pegs / pemutar senar digunakan untuk Tuning. Instrumen ini sangat dikenal. Hanya dengan memetik senarnya, orang orang langsung bergabung bersama. Pada sebuah pesta anda bisa bermain gitar untuk bernyanyi dan berdansa. Disaat sendiri suara yang dihasilkan bagai sebuah Orchestra kecil.
Suara gitar mempunyai sifat romantis. Oleh karenanya, lagu “Romansa” paling
cocok bila dibawakan dengan gitar. Selain gitar-gitar tradisional, maka ada beberapa jenis gitar lainnya. Misalnya gitar Hawaiian yang menggunakan sistim slide; kemudian ada gitar yang menggunakan dawai nylon (gitar klasik dan gitar folk), serta ada pula yang menggunakan dawai logam (steel guitar).
Alat Musik Moderen Hermanto Aulia
Page 2
Piano
Piano merupakan alat musik yang bisa dikategorikan sebagai bagian dari
furnitur yang indah, yang bisa dijadikan pajangan dirumah.
Perbedaannya, furnitur yang satu ini dilengkapi dengan mesin modern yang berfungsi untuk memainkan musik sebagai hiburan. Karenanya alat musik ini membutuhkan perawatan yang baik dari loe si pemiliknya.
Piano adalah alat musik yang sangat kompleks dan terdiri dari material-material yang mahal. Ada lebih dari 9.000 bagian pada kunci ditambah dengan bagian kombinasi lainnya. Jika dianalisa material dari piano, maka akan terlihat kayu dengan kualitas tinggi, besi, baja, tembaga, plastik, kuningan, kapas, bahan perekat (lem), dan sebagainya. Maka bisa dibayangkan betapa sulitnya membersihkan bagian-bagian yang tidak mudah terjangkau di dalam piano.
Alat Musik Moderen Hermanto Aulia
Page 3
Drum
Drum sebenarnya bermacam-macam. Ada Snare, Tom-tom, bass, conga,
tymbal, mondo, bedug, tabla…..dll. Mereka sebenarnya adalah drum, karena
memainkannya dengan cara dipukul. Tetapi yang kita bahas adalah DRUMSET, yang bisa dibilang bentuk drum paling modern. Drumset itu sendiri sebenarnya terdiri atas 3 drum, yaitu Snare, Tom-tom dan Bass drum. Untuk Tom-tom masih dapat dibagi dua lagi, yaitu : Mounted tom dan floor tom-tom (tergantung dari peletakan dan diameter saja). Dari ke tiga unsur tersebut masih ada beberapa unsur penting lagi, yaitu cymbal, hardware, (pedal, hihat stand, cymbal stand, snare stand, tom holder/tom stand) dan drumhead.
Alat Musik Moderen Hermanto Aulia
Page 4
Gitar Bass
bass,sering kita dengar bahkan pernah memainkan alat musik seperti ini. bass dalam suatu insturmen musik adalah yang sangat penting kedudukanya. bass sangat berpengeruh dalam bagus tidaknya suatu aransement musik.dalam artian bass disinisangat fenting manfaatnya. mungin dalam bentuk bass disini sangat tidak memiliki model pariasi yang bagus tetapi kdeudukanya sangat fenting dalam suatu instrumen musik. bass disini juga suaranya kita ketahui tidak sebagus dari suara gitar yang dibunyikan dengan alunan distorsi, tetapi bass ini dalam alunan musik rock sangat berkreasi seperi pada saat orang memainkanya dengan bentuk slapp bass, dan kita tahu bahwa suara yang dikeluarkan sangat beranekaragam apabila kita pintar memainkanya.
bass disini juga dapat menghasilkan suara yang bermacam macam bila kita menggunakan effec suara seperti yang ada pada guitar.bass disini banyak diminati bagi kalangan remaja , lebih lebih yang kita ketahui sekarang ini .anak plajar yang sering hobi neband. kita tahu bahwa aliran musik yang banyak ditawarkan olah anak anak remaja sekarang ini banyak yang mengambil aliran msuik rock yang kita kenal memilki daya suara bass yang populer untuk sekarang ini. bass yang populer disini kita ketahui yaitu bassis indonesia bondan prakoso, thomas(gigi) dan bahkan sampai musik mancanegara yaitu bassis RCHP. kita kenal mereka memiliki daya permainan yang luar biasa sehingga menimbulkan suara yang bagus,dan esak didengar.
Biola
Alat Musik Moderen Hermanto Aulia
Page 5
Biola adalah sebuah alat musik dawai yang dimainkan dengan cara digesek. Biola memiliki empat senar (G-D-A-E) yang disetel berbeda satu sama lain dengan interval sempurna kelima. Nada yang paling rendah adalah G. Di antara keluarga biola, yaitu dengan viola dan cello, biola memiliki nada yang tertinggi. Alat musik dawai yang lainnya, bas, secara teknis masuk ke dalam keluarga viol. Kertas musik untuk biola hampir selalu menggunakan atau ditulis pada
kunci G.
Sebuah nama yang lazim dipakai untuk biola ialah fiddle, dan biola seringkali disebut fiddle jika digunakan untuk memainkan lagu-lagu tradisional
Obo
Alat Musik Moderen Hermanto Aulia
Page 6
Obo adalah alat musik double reed jenis woodwind. Ia adalah keturunan dari shawm. Kata "obo" berasal dari bahasa Perancis hautbois, berarti "high wood". Alat musik ini kadang-kadang masih disebut hautboy dalam bahasa Inggris. Seorang musikus yang memainkan obo disebut obois.
Dibandingkan dengan instrumen woodwind lainnya, obo miliki suara yang jernih dan melengking. Suara obo dapat terdengar jelas dalam ansambel yang besar sehingga suaranya dapat dengan mudah didengar ketika tuning. Orkestra biasanya melakukan tuning dengan mendengarkan suara obo memainkan A concert (biasanya A440, tapi terkadang lebih tinggi). Obo di-pitch di C concert.
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar