Senin, 10 Oktober 2011

MEMBUAT KALIGRAFI TIMBUL MOTIF EMAS KUNO

MEMBUAT KALIGRAFI TIMBUL MOTIF EMAS KUNO

   Assalaamualaikum, Membuat kaligrafi timbul motif emas kuno adalah posting saya kali ini, sebelum itu  saya akan mengulas sedikit tentang motif emas kuno yang akan kita terapkan dalam karya kaligrafi timbul kita. Motif emas kuno adalah salah satu motif yang digemari oleh para kolektor seni. Karena bentuk yang unik dan warna yang klasik sehingga kita bisa lebih banyak menghasilkan rupiah dan dollar, Warna kuno yang akan saya pakai kali ini adalah gelap keemasan.

Cara membuat kaligrafi timbul motif kuno kali ini saya bagi menjadi tiga tahapan, dengan bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami oleh para pemula yang mempunyai bakat terpendam. Tahap pertama yaitu tentang bagaimana cara membuat campuran atau adonan sebagai tinta untuk menulis, sedang tahap kedua yaitu cara menulis motif timbul, sedang tahap tiga  tentang bagaimana cara mewarnai kaligrafi timbul kita dengan warna emas kuno.

Baiklah sahabat sebelum kita mulai dengan tahap cara membuat  kita bisa sediakan bahan-bahan dan alat-alat berikut :
1. Bahan-bahan
- Triplek 
- Akrilik cair ( cairan putih seperti susu encer )
- Calsium / CaCo3 ( Berwarna putih berbentuk talk tapi agak berat )
- Prada emas bubuk ( bisa juga menggunakan cat emas biasa atau cat emas semprot )
- Bahan pewarna hitam yang larut dengan air ( bisa dengan cat air atau cat tembok )
- Pernis ( bisa dengan pernis semprot atau dengan kuas)
2. Alat-alat
- Wadah plastik ( untuk membuat adonan )
- Tongkat kayu ( untuk mengaduk )
- Kuas
- Kain bekas ( untuk menggosok )
- Botol plastik kecil ( yang mudah di pegang dan lancip ujungnya dengan lobang sekecil jarum, anda bisa rancang sendiri , nantinya digunakan untuk menulis ) 
Menulis dengan cara menekan tabung botol plastik.
Tahap pertama : Cara membuat adonan atau campuran sebagai tinta, untuk menulis motif timbul pada huruf dan ornamen.
- Masukkan calsium secukupnya
- Tuang akrilic secukupnya lalu aduk hingga rata,masukkan dan aduk lagi sampai mendapat kekentalan seperti cat tembok ( anda juga bisa menggunakan cat tembok tapi harus yang kadar acriliknya tinggi supaya kuat dan tidak retak pada masa yang lama )

Tahap kedua : Cara menulis motif dan huruf timbul.
- Masukkan adonan kedalam botol plastik yang sudah kita siapkan, harus benar-benar lembut kita bisa menyesuaikan ukuran encer sesuai lobang pada ujung botol plastik , bila ujung semakin kecil adonan harus semakin encer.
- Sebelum menulis sahabat harus berlatih dengan membuat garis dan coretan huruf dan motif, bila terjadi kemacetan pada lobang kawan bisa menggunakan jarum untuk membuat lancar kembali dan sering-sering dikocok supaya adonan tidak mengggumpal.
- Setelah itu hasil coretan kita harus dijemur beberapa jam supaya kering  kuat kuat dan siap untuk di beri sentuhan warna emas kuno kita .

Tahap ketiga : Cara memberi warna motif emas kuno.
- Kalau hasil tulisan motif  timbul sudah kering langsung bisa kita warnai dengan warna emas dengan prada yang mengkilap, dengan warna emas biasa yaitu dengan kuas, dan bisa disemprot rata dengan alat semprot.
- Jemur beberapa saat setelah kering kita cat lagi kali ini dengan cat warna air hitam lalu anginkan atau jemur sebentar (  cat warna hitam ini harus dicampur dengan kadar air yang banyak sehingga tidah terlalu melrkat pada cat emas kita )
- Ambil kain basahi dengan air lalu basuh dengan pelan pada cat hitam kita, ambil kain basah yang baru dan gosok dengan lembut sampai muncul motif klasik pada warna emas.(untuk menggosok harus dengan lembut karena kita hanya memerlukan sisa warna hitam pada lekukan dan sela huruf timbul.
- Keringkan lagi dengan menjemur setelah itu sahabat bisa lakukan finishing dengan menggunakan pernis kuas atau semprot.
Contoh hasil coretan titik garis dan lainya yang sudah diberi sentuhan warna.
Anda bisa mencari hal yang baru dengan trik ini.
Contoh motif timbul menggunakan emas prada (bisa diterapkan pada bingkai atau pigura.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar