Minggu, 02 Oktober 2011

Cara Membuat Lukisan Batik Dengan Media Kanvas

Cara Membuat Lukisan Batik Dengan Media Kanvas

                      Kelihatannya susah ya, membatik dengan kain kanvas. Gimana jadinya ?
Pertanyaan macam itupun muncul dipikiranku sewaktu pertama kali mencoba membuat lukisan batik diatas kain kanvas yang tebalnya lumayan juga, tapi itu adalah keinginanku saat pertama mencoba belajar membatik Aku ingin sesuatu yang berbeda , sering terpikir pada saat melihat lukisan apapun diatas kanvas. Ternyata gak salah coba yang satu ini. Eh kebetulan ada temen dari Jogja yang memang guru membatik, wah pas bener, pas aku butuh pas dia ada. Lalu aku nitip  untuk dicarikan kain seperti yang aku maksud . Dan ketemu juga akhirnya, kain kanvas yang tebal dan licin . Gimana tuh caranya supaya malam yang di canting dapat menempel ke kain kanvas . Setelah dicoba terus menerus trial error lah dan habis sampai bermeter - meter kain yang akhirnya gak kepakai tapi tetep aja jalan terus, ternyata ketemu formulanya , Mau mencoba juga ? Boleh kok , itung - itung bagi  pengalaman dan kita dapat berkresi  ya khan. Ok, kita mulai siapin alat - alatnya , seperti kalau kita membatik pasti gak asing kan , :
                             1. kompor kecil dan wajannya
                             2. Malam untuk membatik
                             3. kuas untuk melukis
                             4. Pewarna batik
                            
 Udah ada bahannya terus gimana ya ?...... Kita coba yang ini :
1. Canting setiap detail gambar designnya ( hati - hati untuk bahan dari kain kanvas ,malam harus cukup panas sehingga dapat meresap ke kain tapi jangan sampai terlalu panas karena malam akan meleleh ke arah lain hingga hasilnya kurang bagus. )
2  Selesai mencanting kita dapat mulai mewarnai dengan menggunakan kuas secara perlahan - lahan jangan sampai tembus di luar garis canting.
3 Setelah selesai kita diamkan semalam dan besoknya dapat kita beri penguat atau pengunci istilahnya yaitu berupa cairan............................. agar warna yang menempel tidak akan pudar
4. Kita dapat menjemur kain tersebut di panas sinar matahari hingga kering, perlu diingat bahwa sinar matahari yang menyengat jangan dirahkan langsung pada hasil lukisan kita karena malam yang sudah kita canting akan meleleh dan menyebar ke arah lain, hasilnya kurang bagus.
5. Beberapa jam kemudian kita dapat merasakan bahwa kain sudah kering maka langkah yang terakhir adalah dengan merebus kain menggunakan soda abu lalu kita lihat sekiranya sudah tidak ada malam yang menempel di kain,  maka kita bisa cuci dengan menggunakan rinso lalu dijemur kembali hingga kering.
6. Selesai lah kerja kita dan....................kita dapat melihat hasilnya, karya kita sendiri dan dapat kita nikmati, mungkin bisa untuk souvenir teman atau kerabat kita atau kado ulang tahun .
                      Gimana.... mau coba ? Mesti harus dicoba.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar