Senin, 10 Oktober 2011

Cara Bisa Menulis Huruf Arab di Microsoft Word + Font Kaligrafi Arab

Cara Bisa Menulis Huruf Arab di Microsoft Word + Font Kaligrafi Arab
Biasanya kita gak bisa bisa nulis Huruf Arab dengan bagus dan indah di Komputer. Sebenarnya bisa cuman kita harus menambah fasilitas Arabic Font di komputer kita. Sehingga Komputer kita dapat menulis Arab dan membacar tulisan Arab. Saya harap Tutorial ini berguna dan bermanfaat. Tanpa Banyak cingcong, langsung aja.

Gini caranya :
1. Pertama kita tekan Start >> Kemudian klick Control Panel
[Image: tulis-arabl.png?w=192&h=300]
2. Setelah itu click menu Regional and Language Options
[Image: regional-setting.jpg?w=267&h=200]
3. Pada Tab Languages cawang Install file for complex script and right to left languages (including Thai) kemudian klick Apply. Disini anda diminta untuk memasukkan CD Windows XP, masukkan CD windows XP kemudian secara otomatis windows akan mengcopy file yang dibutuhkan untuk menambah fasilitas font Arabic. Kalau sudah maka akan ada perintah untuk Restart Komputer, biarkan aja gak usah di restart. Klik No.
[Image: regional-and-language-options.jpg?w=247&h=298]
4. Setelah itu klick details,
[Image: add-input-language.jpg?w=347&h=178]
setelah keluar tampilan baru klick add, pada input languages anda pilih Arabic (Saudi Arabia) kemudian klick OK, dan OK lagi. setelah itu Restart komputernya. Olala anda sudah bisa nulis Font Arabic di Komputer anda.

Tinggal gimana cara kita menggunakannya,

1. Buka Microsoft Word !!
2. Lihat pojok kanan bawah pada layar, klick tulisan EN kemudian klick AR agar posisi tulisan bisa jadi tulisan Arab.
[Image: tulis-arabj.png?w=258&h=190]
3. Kemudian klick icon Right to left di toolbar Microsoft Word agar bisa menulis dari arah kanan ke kiri.
[Image: right-to-left.jpg?w=439&h=98]
Selelsai sudah Sekarang coba anda tekan keyboard anda kalau keluar tulisan Arab berarti anda sudah sukses melakukannya. Selamat.
[Image: hasil-akhir.jpg?w=450&h=326]

Note : Kalau pingin gak disambung hurufnya di spasi yaa

Kalau pingin nambah Font Kaligrafi Arab Download disini

Note : Caranya Download file di atas, kemudian extract file letakkan di Local disk C:Windows dan folder Font.
[Image: font.jpg?w=450&h=326]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar