Minggu, 02 Oktober 2011

Membatik Lukis

Membatik Lukis


Membatik lukis adalah melukis menggunakan lilin batik secara spontan. Pembuatan lukisan ini dapat secara langsung atau tanpa pola maupun dengan dibuat pola/kerangka terlebih dahulu bergantung bagaimana kemampuan dari pelukis tersebut. Pelukis batik belum tentu dapat membatik layaknya membuat sebuah batik tulis karena cara membatik lukis sukar ditunjukan dengan pedoman-pedoman seperti batik tulis tangan maupun cap.
Sebelum mebuat batik lukis ada beberapa hal yang dendaknya patut diperhatikan yakni :
  1. Melatih cara-cara melukis, dengan melatih tangan dan mempertinggi daya cipta. Untuk membuat suatu gambar yang indah maka diperlukan kelenturan tangan dalam menggoreskan lilin batik dan tentunya semua juga tidak lepas dari bagaimana kreatifitas pelukis.
  2. Mempelajari hubungan pemanasan dan sifat-sifat lilin batik. Terkadang lilin batik yang digunakan justru tidak memberikan nilai indah karena mudah rusak saat penggunaan misalnya warna yang kurang jelas, terjadi remukan dan lain sebagainya. Hal ini bergantung pada bagaimana proses pemanasan yang dilakukan sebelumnya.
  3. Mempelajari efek pewarnaan pada berbagai goresan lilin batik. Warna merupakan hal yang sangat vitasl dalam pembuatan karya batik. Dengan komposisi warna yang tepat tentunya akan mudah untuk mendapatkan nilai keindahan.
  4. mempelajari bentuk-bentuk isen batik dan cara-cara penempatannya. Hal ini peting karena bentuk isen batik terkadang memberikan penilaian tersendiri sehingga dengan penempatan yang tepat maka orang akan menajadi lebih mudah untuk mengatakan indah pada karya seni yang kita buat.
  5. Melatih cara-cara mempergunakan alat-alat untuk membatik lukis. Dengan mengetahui bagaimana karakteristik dan fungsi alat secara tepat akan mebantu dalam pengejaan batik lukis.
Terkadang untuk lebih menyempurnakan seuah batik lukis dilakukan juga proses membatik tulis maupun cap bergantung dari kebutuhan. Hasil dari batik lukis biasanya dipergunakan untuk keperluan-keperluan dekorasi sehingga pekerjaan membatik lukis tidak perlu dikerjakan pada kedua belah muka kain, malinkan hanya sebela

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar